Join The Community

Friday, May 20, 2011

Perbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDAT

Bad Sector telah lama menjadi momok yang menyulitkan bagi sejumlah pengguna komputer. Cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan Bad Sector, tapi tidak sedikit juga cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan hard disk yang terkena.
Bad Sector dapat dikategorikan menjadi 2 :
1. Logical Bad Sector; bad sector yang terjadi karena terganggunya baca tulis pada sector di hardisk yang disebabkan oleh beberapa hal seperti kena virus, boot record yang korup, gangguan tegangan listrik atau karena hal lain yang serupa. Pada kasus ini, hardisk masih bisa diperbaiki dengan bantuan program. Jadi kalo punya hardisk rusak, jangan dulu dibuang, siapa tau masih bisa dibenerin.. hehe.
2. Phisical Bad sector; nah kalo kerusakan yang ini disebabkan karena rusaknya kondisi hardisk secara fisik, seperti motor mati, komponen yang terbakar. Kemungkinan kerusakan ini menjadikan hardisk ga bisa kedetek lagi alias "matot" dan terlalu sulit untuk diperbaiki secara program. Ciri nya kalo misalnya bunyi hardisk udah kayak gamelan, wahh itu jelas pasti rusak fisik.
Nah, tips kali ini saya gak akan bahas poin yang ke-2, tapi saya akan bahas poin yang pertama. Program yang kita gunakan adalah HDAT.. Mari kita mulai :

Bahan-bahan yang harus sudah ada :
1. CD Hiren's, kalo gak punya KLIK DISINI untuk download versi 13.2, kapasitasnya lumayan 400Mb.
Program HDAT udah include di situ, termasuk puluhan aplikasi lainnya yang berguna banget untuk seorang teknisi. :D, atau
2. Download program HDAT yang otomatis ditambahkan ke boot.ini windows XP mu, yang gak perlu pake CD boot lagi.  KLIK DISINI untuk download HDAT versi 4.

Langkah-langkahnya begini :
1. Ketika masuk ke program HDAT, pilihlah HDD yang akan di cek

2. Pilih lah menu yang pertama "Drive Level Test menu", lalu tekan Enter.
3. Selanjutnya tunggu sampai proses selesai, lamanya proses tergantung spesifikasi komputer dan besarnya kapasitas Hardisk.

Semoga membantu